Lontong Kupang Khas Sidoarjo

Lontong Kupang merupakan salah satu makanan tradisional khas Sidoarjo. Kupang merupakan sejenis kerang laut yang bentuknya sangat kecil.

Kupang biasanya memiliki warna tubuh putih. Hewan mungil ini bisa ditemukan di pinggir pantai atau lumpur air asin.

Sajian Lontong Kupang terdiri dari lontong, kupang, lentho, dan sate kerang. Kuah Lontong Kupang terbuat dari bawang putih, gula jawa, garam, penyedap rasa, dan petis.

Untuk menambah kenikmatan rasa, bisa juga ditambahkan perasan jeruk nipis.

Cita rasa sajian khas Sidoarjo ini sangat khas. Kuahnya yang gurih berpadu dengan petis yang kuat aroma udangnya.

Dari segi isian, lontong yang padat memiliki cita rasa lembut di lidah. Ditambah perpaduannya dengan olahan kupang yang relatif kenyal. Lentho yang terbuat dari parutan singkong dan kacang tolo menambah sensasi renyah pada sajian Lontong Kupang.

Sajian Lontong Kupang khas Sidoarjo ini tidak hanya menjadi makanan yang nikmat disantap. Tetapi juga mengandung gizi yang berguna bagi tubuh manusia.

Kupang dan sate kerang yang menyertai kudapan ini memiliki kandungan protein yang baik bagi tubuh.

Menyantap Lontong Kupang khas Sidoarjo akan lebih nikmat apabila didampingi dengan es kelapa muda atau es degan. Es kelapa muda bisa berperan menetralkan aroma amis pada olahan kupang.

Selain itu, es kelapa muda juga bisa mencegah alergi pada orang yang tidak cocok dengan kuliner laut.

Lontong Kupang dan es kelapa muda menjadi perpaduan yang cocok bagi penikmat kuliner Jawa Timur. Selain di Sidoarjo, Lontong Kupang juga bisa ditemukan di Pasuruan.Apabila berkunjung ke Jawa Timur, sayang untuk melewatkan kuliner ini.

Selain nikmat disantap ketika menjadi sajian Lontong Kupang, kupang ternyata memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Kupang merupakan salah satu sumber asam amino esensial yang baik.

Kupang putih memiliki 17 asam amino. Dari 17 asam amino terkandung 10 macam asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

Asam amino esensial merupakan zat yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Sumber asam amino esensial ini berasal dari makanan sehari-hari. Asam amino esensial yang terkandung dalam kupang antara lain treonin, valin, metionin, isoleusin, leusin, fenilalanin, lisin, tripsin, histidin, dan arginin.

Kupang mengandung mikronutrien berupa zat besi dan zinc/seng yang bermanfaat bagi kesehatan. Zat besi diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Sedangkan zinc/seng menjadi komponen penting beberapa enzim yang berguna untuk proses metabolisme tubuh.

Menikmati Lontong Kupang Sidoarjo, Kuliner Wajib Saat Berkunjung ke Jawa Timur

Selain itu, kupang mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia. Kupang putih yang biasanya digunakan untuk Lontong Kupang mengandung 12,31% LNA (asam linoleat), 6,52% EPA, dan 6,61 DHA.

Asam lemak esensial omega-3 membentuk komponen yang melancarkan persebaran oksigen dan nutrisi makro (protein, lemak, dan karbrohidrat) ke dalam sel-sel tubuh, sedangkan EPA efektif mengurangi kerusakan otot.

Dengan demikian, sajian Lontong Kupang memiliki dua alasan kuat untuk dijadikan pilihan kuliner ketika berkunjung ke Jawa Timur. Selain rasanya yang nikmat dan khas, sajian ini juga banyak mengandung gizi yang diperlukan tubuh manusia.

Lontong kupang adalah makanan khas Sidoarjo, Jawa Timur. Sepiring lontong kupang terdiri dari lontong, kuah petis, kupang, lentho, dan sate kerang. Rasanya gurih menggugah selera.

Kupang di sini bukan nama kota di Nusa Tenggara Timur, melainkan sejenis kerang, biasa disebut kerang putih atau kupang.

Dalam proses pengolahan, kupang dikupas dan dicuci hingga bersih. Setelah itu diolah bersama bumbu bawang putih, gula jawa, garam, dan petis.

Olahan ini menghasilkan sajian bercita rasa khas. Rasa gurih dari kuah, dan petis yang beraroma udang menjadikannya kaya rasa.

Selain itu teksturnya juga beragam. Lontong yang padat berpadu dengan kupang yang kenyal, dan lentho yang renyah.

Lentho bentuknya mirip perkedel. Berupa olahan singkong, taoge, dan kacang tolo yang digoreng.

Selain lentho, biasanya lontong kupang juga disajikan bersama air kelapa. Minuman menyegarkan ini juga berfungsi sebagai penawar yang dipicu oleh kupang.

Kupang merupakan salah satu bahan makanan yang tak bisa bertahan lama. Karenanya lebih baik segera disajikan dalam keadaan segar.

Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda mencoba lontong kupang, tempat bahan-bahannya diperoleh. Selain di Surabaya dan Sidoarjo, Anda dapat menemukan lontong kupang di berbagai kota lain seperti Malang, Lamongan, Tuban, Pasuruan, Gresik, dan sekitarnya.

Anda dapat menemukan penjaja lontong kupang di kaki lima kota Surabaya dan Sidoarjo. Harganya sekitar Rp5 ribu sampai Rp10 ribu. Sidoarjo bahkan punya sentra penjual kupang, tepatnya di Bursa Kupang Sidoarjo Jalan Raya Waru.

Warung yang juga dikenal dengan warung kupang lontong Suko ini sudah berdiri sejak 1974. Sajian lontong kupang di sini menggunakan resep orisinal turun temurun.

Untuk menikmati seporsi lontong kupang, lentho, 10 tusuk sate kerang, dan segelas air kelapa, Anda cukup membayar sekitar Rp20 ribu saja.

Begini cara meraciknya. Pertama bumbu digerus dan diletakkan di atas piring saji. Kuah kupang digunakan untuk mengencerkannya.

Setelah racikan itu jadi, irisan lontong, potongan lentho, kupang dan sate kerang pun diletakkan di atas piring. Baru setelah itu disiram kuah dan ditaburi bawang goreng.

Bagi yang mau Paket aqiqah Sidoarjo, paket Aqiqah Sidoarjo Gedangan, bisa dibantu oleh paket aqiqah nurul hayat Sidoarjo, paket aqiqah murah Sidoarjo, paket aqiqah tanpa ribet Sidoarjo




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syarat Aqiqah Anak Perempuan

Aqiqah Sidoarjo Gedangan